Tim Redaksi Al-Ittihad

Pimpinan Redaksi berpose bersama kru di depan Mading
Oleh : Redaksi Al-Ittihad

Anda tidak pernah diberi mimpi tanpa diberi kekuatan untuk mewujudkannya.
Anda hanya perlu memusatkan lebih banyak perhatian pada keinginan bukan pada ketakutan akan kegagalan, 
maka mimpi Anda akan mencari jalannya sendiri.

إنَّ اللهُ لاَ يُغَيِّرُ مَا ِبقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأنْفُسِهِمْ
“Sesungguhnya Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.”
(surat al-ra’du : 11)

Hidup adalah kombinasi unik dari wujud keinginan dan bagaimana mengupayakannya, kita harus seimbang dalam memperhatikan keduanya. Hidup akan menjadi hampa tanpa impian dan harapan. Kemudian, yang terasa hanyalah rutinitas tanpa arah yang jelas. Adanya impian menunjukkan adanya gairah hidup. Jangan pernah takut bermimpi, karena dengan bermimpi, hidup akan terasa lebih hidup. Impian dan harapan takkan berbuah nyata tanpa usaha dan do’a. Harapan tanpa usaha tak lebih bagaikan pungguk yang merindukan sang rembulan, mustahil akan terwujud. Jadi, jika ingin mewujudkan harapan, mutlak harus ada usaha. Tentunya usaha yang keras tanpa batas, berdoa dan pantang menyerah. Ingat, orang terkuat bukan mereka yang selalu menang, melainkan mereka yang tetap tegar dan berusaha bangkit kembali ketika mereka gagal dalam pertempuran memperjuangkan kesuksesan.
Sejarah membuktikan bahwa tokoh-tokoh besar dunia lahir karena impian besar. Namun impian besar tersebut tidak datang tiba-tiba hanya karena keberuntungan semata. Impian besar tersebut lahir melalui perjuangan tak kenal lelah dan putus asa. Thomas Alfa Edison, harus berjuang hingga mengalami ribuan kegagalan dalam percobaan untuk mewujudkan mimpinya membuat terang dunia. Edison menanggapi ribuan kegagalannya dengan enteng dan mengatakan bahwa jika kita telah mengalami ribuan kegagalan, berarti kita semakin dekat dengan keberhasilan karena kita menjadi tahu ada ribuan cara yang tidak berhasil yang membuat kita tidak akan mengulangi kesalahan yang sama. Pesan dari Thomas Alfa Edison adalah "Betapa banyak orang yang menyerah padahal hanya perlu beberapa langkah lagi untuk sampai pada keberhasilan." Dan satu kalimat motivasi dari beliau, "Saya pasti akan sukses karena telah kehabisan percobaan yang gagal."
Mungkin banyak orang berpendapat bahwa hidup adalah kenyataan dan sangat terpisah dengan dunia mimpi. Harapan tinggallah harapan, jika kita selalu berkutat dengan mimpi dan harapan, hidup akan menjadi dunia mimpi. Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri bahwa mimpi, harapan dan masa lalu adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Banyak orang terjebak dalam masa lalu sehingga tidak bisa melangkah ke masa depan. Begitu juga dengan mimpi dan harapan, semua orang memilikinya namun tidak banyak yang berani untuk mengambil resiko dan berusaha untuk mewujudkannya. Namun, resiko akan menjadi angin lalu jika tekad kuat, usaha keras dan semangat pantang menyerah telah menyelimuti hati kita. 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kita dapat fokus dalam mewujudkan impian.


Pertama, Tuliskan dengan jelas impian kita dalam selembar kertas atau buku. Tuliskan pada kertas atau buku apa yang menjadi impian kita. Jangan batasi impian kita, tulis saja apa yang terlintas dalam pikiran kita apapun yang ingin kita capai, tuliskan sekarang juga. Ketika kita menulis pada kertas atau buku secara tidak kita sadari kita telah mengaktifkan alam pikiran bawah sadar kita, yang secara tidak langsung mencetak masa depan kita pada beberapa tahun yang akan datang. Impian akan mendorong kehidupan kita.

Kedua, Jadikan impian kita menjadi sebuah gambar. Gambarkan impian kita. Sebuah gambar akan membuat impian kita semakin jelas, apa bentuknya, apa warnanya, itu akan semakin memperkuat gelombang pikiran bawah sadar kita untuk mencapai impian kita. Cari gambar atau foto yang menjadi impian kita, pasang ditempat yang mudah kita lihat, atau sering kita lihat tempelkan pada papan atau karton dan pasang dikamar misalnya.
Ketiga, Visualisasikan impian. Visualkan impian kita, rasakan impian itu seolah-olah sudah ada didepan mata, atau bahkan sudah kita miliki. Rasakan dan syukuri bahwa impian kita seperti sudah terwujud. Pikiran bawah sadar kita tidak bisa membedakan antara kenyataan dan imajinasi, akan tetapi ketika pikiran bawah sadar kita menganggap sesuatu telah terwujud maka ia akan menarik sesuatu untuk menjadi kenyataan. “Apapun yang bisa dibayangkan dengan jelas dan diyakini oleh pikiran kita, maka hal itu bisa dicapai.”
Keempat, Buat rencana kerja. Action plan. Ini akan mempermudah setiap usaha yang kita kerjakan karena telah kita rencanakan, sehingga kerja kita lebih efisien dan jelas, ingat yang jelas pasti membuahkan hasil yang jelas. “Untuk memastikan impian jadi nyata, Anda harus memiliki satu rencana tindakan yang realistis dan terlaksana.” Jika ditengah jalan kita menemukan rintangan atau halangan, segera buat rencana yang baru yang mendekatkan kita pada impian, jangan banyak menunggu.
Kelima, Lakukan Action yang dahsyat dan jangan menunda-nunda. Impian kita akan semakin mudah kita wujudkan ketika kita melakukan action. Usaha yang jelas dan tepat sasaran. Jika kita ingin mewujudkan impian kita, jangan menunggu lagi, segera action besar-besaran, dahsyat, sampai impian kita benar-benar menjadi kenyataan. Semoga bermanfaat, lakukan sekarang juga, kejar impian kita dam jadikan sebuah kenyataan, dan pastikan semua impian kita jadi kenyataan. Ketika kita sudah berhasil mencapai satu impian, beranikan diri kita untuk bermimpi lebih besar lagi.
Keenam, Bersabarlah dan pantang menyerah jika mengalami kegagalan. Inilah kuncinya. Impian kita akan terpupuk subur dalam sanubari jika kita tidak mengenal kata menyerah. Ketika mengalami kegagalan, yakinlah bahwa itu adalah jalan menuju kesuksesan. Sangat disayangkan jika kegagalan yang melanda akan menghentikan usaha dan tekad untuk meraih kesuksesan. Padahal dengan melewati satu kegagalan, kita sudah menapaki satu tingkat anak tangga menuju kesuksesan.
Masing-masing dari kita pastilah memiliki impian yang sangat kita inginkan untuk menjadi kenyataan. Impian haruslah terfokus, maksudnya impian itu benar-benar datang dari pikiran dan perasaan yang memiliki tujuan yang sama yaitu mewujudkan impian tersebut. Dan ternyata sebagian besar orang-orang sukses bisa mewujudkan impian mereka memiliki pikiran dan perasaan yang sejalan sehingga setiap usaha yang dilakukannya selalu mendukung dia untuk mewujudkan impiannya.
Jadi, Jangan takut bermimpi kawan, karena hidup akan lebih indah jika selalu diiringi dengan harapan dan impian. Dengan harapan dan impian, kita menunjukkan bahwa dalam kehidupan kita masih ada tanda-tanda kehidupan. Kehidupan fikiran, kehidupan hati dan kehidupan jiwa kita sebagai manusia.

Bermimpilah...!!!
Perjuangkan setiap impian dan harapanmu. Tancapkan dalam jiwa dan berusahalah dengan segenap daya upaya.
Sungai pastilah bermuara. Begitu juga dengan usaha dan lika-liku kegagalan, yakinlah akan menemukan muara keberhasilan. Berusahalah sekeras deburan ombak mengikis batu karang, tegakkanlah usahamu setegar titik air yang melubangi batu besar, niscaya tidak ada mimpi yang mustahil untuk diwujudkan.



Do the best, get the best, and be the best

(Lakukan yang terbaik, dapatkan yang terbaik, dan jadilah yang terbaik)

Salam Sukses..!!!

2 komentar Blogger 2 Facebook

  1. makasih motivasinya......
    bener2 memberi inspirasi buat saya pribadi.

    sukses selalu buat MTs Ulumiyah....
    semangkA....!!!!!
    semangat karna Allah :)

    BalasHapus
  2. kok q kagak di ajak foto bareng...........................

    BalasHapus

 
Majalah Al-Ittihad © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top