Salah satu kegiatan pelantikan Dewan Galang (Foto : Ghofur).



Al-Ittihad, Edisi 1 – Sebanyak 12 pengurus Dewan Galang (DG) Pramuka MTs Ulumiyyah secara resmi dilantik pada Kamis (9/5) malam. Pelantikan juga dikemas dengan sejumlah kegiatan lain seperti perkemahan, penjelajahan serta pendidikan mental bagi pengurus Dewan Galang.
Pembina Pramuka MTs Ulumiyyah, bapak Tri Wahyudi kepada reporter Al-Ittihad mengatakan, acara ini merupakan bagian terpenting dari keberadaan Dewan Galang di sekolah ini. Nilai yang terkandung dalam serangkain acara ini adalah pendidikan kharakter yang diperuntukkan bagi pengurus Dewan Galang.
Pembina yang terkenal murah senyum ini menyatakan, serangkaian acara pelantikan Dewan galang dihelat selama dua hari. Berbagai materi tentang ke-Pramuka-an serta pendidika kharakter disisipkan dalam acara.
“Saya kira ini penting untuk menunjukkan keberadaan Dewan Galang di sekolah kita. Apalagi subtansi acara adalah pendidikan kharakter yang itu wajib hukumnya dimiliki oleh setiap anggota dan pengurus Praja Muda Karana,” terang beliau diplomatis.
Bapak Wahyudi yang juga merupakan pengurus Kwaran Kecamatan Jatirogo ini menyebutkan, keberadaan Dewan Galang tahun ini merupakan yang pertama bagi MTs Ulumiyyah. Selanjutnya, beliau berharap kegiatan Pramuka akan menjadi salah satu ciri khas sekolah, terkhusus sebagai salah satu media pembentukan mental, kharakter serta kepribadian siswa yang selaras dengan norma sosial.
“Pada dasanya Pramuka bertujuan untuk pembentukan mental dan kharakter yang baik. Saya berharap, selepas acara ini pengurus Dewan Galang akan lebih aktif lagi memimpin rekan-rekannya dalam menjalani kegiatan Pramuka,” ungkap bapak Wahyudi.
Hal sama juga disampaikan oleh Kepala MTs Ulumiyyah, bapak H Kaswadi. Menurut beliau, keberadaan Pramuka di sekolah akan mampu membantu siswa dalam menemukan potensi serta jati diri. Apalagi, dalam Pramuka juga diajarkan bagaimana bersikap dan bertindak, sesuai dengan nilai aturan yang berlaku.
“Saya sepakat dengan kegiatan ini, dan saya kira ke depan manfaatnya sangat banyak bagi siswa. Mudah-mudahan Pramuka di sekolah kita akan selalu eksis dan bisa membantu mengembangkan potensi siswa,” tutur bapak Kaswadi serius.
Pada kesempatan yang sama, ketua Dewan Galang MTs Ulumiyyah, Ahmad Ma’ruf mengatakan, acara pelantikan yang diiringi dengan perkemahan ini sangat berkesan. Sejauh ini, ia baru pertama kali mengikuti acara serupa.
“Luar biasa, acara yang hebat, dengan Pembina yang hebat dan di sekolah yang juga hebat. Saya salut dan akan selalu mengenangnya sepanjang waktu,” tutur Ma’ruf  sambil tersenyum ramah.
Ma’ruf menandaskan, agenda acara yang paling membuatnya berkesan adalah saat penjelajahan. Apalagi, ketua Yayasan Al-Barmawy, KH Alam Farid juga turut berpartisipasi dan mengikuti acara hingga usai.
“Pokoknya jos gandos dan top markotop,” imbuhnya singkat.
Acara penutupan sendiri berlangsung meriah. Api unggun yang juga tersaji pada malam itu menambah kehangatan suasana. Berbagai pertunjukan hiburan yang juga ditampilkan membuat semua yang hadir berdecak kagum. Acara ditutup dengan nonton bareng teater ‘Sungai Tak Berujung’ dengan judul Di Bawah Rindang Kelapa Bercabang’. (Rossy/Wahab)

0 komentar Blogger 0 Facebook

Posting Komentar

 
Majalah Al-Ittihad © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top