Sifat Sabar menjadi bagian terpenting bagi seseorang untuk mengendalikan diri dari sifat iri, berkemauan sesuka hati. sifat sabar sebagai pondasi utama manusia untuk mengenal diri dan melangkah dalam segalah hal, dalam kitab  al-Kasysyaf sabar mempunya beberapa bagian yaitu :

Pertama, sabar untuk melakukan ketaatan kepada Allah. Ini adalah tingkatan sabar yang paling tinggi, karena setiap ibadah mengandung unsur berat melawan nafsu. Shalat tahajud berat dilakukan karena waktunya orang-orang sedang tidur. Begitu juga zakat berat dilakukan karena seolah memberikan harta secara cuma-cuma kepada para mustahiknya.

Kedua, sabar menjauhi maksiat. Ini tidak mudah dilakukan, karena tidak bermaksiat adalah tanda dzahir diterimanya sebuah amal ibadah. Shalat yang dilakukan haruslah mencegah dari perbuatan keji dan mungkar. Jika tidak menjauhinya, maka shalatnya belum bisa diterima oleh Allah.

Ketiga, sabar dalam menerima cobaan. Ini adalah tingakat sabar yang paling rendah dibanding dua tingkatan di atas. 

semoga kita selalu terpelihara dalam segalah apa yang kita lakukan berjalan bersama dengan sifat sabar, kita selalu dalam lindungan dan petunjuk allah.

@redaksi al-ittihad 

0 komentar Blogger 0 Facebook

Posting Komentar

 
Majalah Al-Ittihad © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top